11 Daftar Makanan Ikan Guppy Terbaik


Makanan ikan guppy – Halo, sobat Kampus Budidaya! Tema kali ini kita akan membahas tentang makanan ikan guppy. Merawat ikan guppy memanglah mudah, tapi dalam pemilihan makanannya tidak boleh sembarangan. Terutama sebagai pemula, kamu mungkin memiliki pertanyaan makanan apa sih yang baik untuk ikan guppy?

Nah, pada kesempatan kali ini Kampus Budidaya akan membantu membagikan informasi penting buat kamu makanan apa saja yang bagus untuk ikan guppy. Agar kamu dapat memberikan makanan yang tepat dan terbaik.

Oke, langsung saja ini dia 11 daftar makanan ikan guppy terbaik versi Kampus Budidaya!

Makanan Ikan Guppy Terbaik dan Harganya

Sebelum membahas aneka macam makanan ikan guppy, perlu kamu tahu bahwa ikan guppy adalah ikan omnivora. Artinya apa? Artinya, ikan guppy bisa memakan apa saja yang dia temui. Mulai dari makanan kering, beku, hingga tanaman.

Cacing sutra

Cacing sutra adalah salah satu makanan ikan guppy yang mudah ditemukan. Kamu bisa mendapatkan cacing sutra di penjual ikan hias. Selain itu, cacing sutra bisa ditemukan di tanah berlumpur dan berhumus.

Seperti namanya, cacing sutra sangat halus. Badannya panjang dan kecil. Jika diletakkan dalam suatu wadah dalam jumlah yang banyak lalu dikeluarkan, cacing sutra dapat membentuk seperti wadah tersebut.

Warna cacing sutra lebih ke merah maroon. Dan merupakan makanan yang cocok untuk ikan guppy kamu. Sebab, cacing sutra mengandung protein yang tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan ikan guppy. Cacing sutra dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 5.000 saja.

Artemia

Selanjutnya, kamu juga bisa memberikan ikan guppymu dengan makanan yang berkelas seperti artemia. Artemia adalah jenis ikan primitif dan bentuknya seperti udang namun berukuran kecil. Artemia yang digunakan untuk pakan ikan adalah artemia dewasa yang usianya mencapai 2 minggu.

Di penjual pakan ikan, artemia dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Untuk 40 gram artemia, bisa dihargai Rp 85.000. Namun, harga itu sebanding dengan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Jentik Nyamuk

Faktanya, jentik nyamuk tidak hanya memberikan dampak negative terhadap lingkungan. Jentik nyamuk juga bisa memberikan manfaat terutama sebagai pakan ikan seperti guppy. Jika kamu berniat memberikan jentik nyamuk untuk ikan guppy, kamu tidak perlu bersusah payah membelinya.

Sebab, di musim penghujan jentik nyamuk sangat mudah untuk ditemukan. Daripada berdampak negative terhadap kesehatan karena berubah menjadi nyamuk dewasa, lebih baik kamu manfaatkan sebagai pakan ikan.

Kutu Air/ Daphnia Magna

Kutu air menjadi makanan ikan guppy? Jangan kaget! Bagi pecinta ikan hias, menjadikan kutu air sebagai makanan ikan adalah hal yang lumrah. Dibalik tubuhnya yang amat mungil, kutu air mengandung kurang lebih 70% protein lho!

Kutu air dibanderol dengan harga yang murah dan mudah untuk ditemukan. Kamu bisa mendapatkan kutu air dengan harga Rp 5.000 saja. Murah bukan?


Microworm

Microworm hampir mirip dengan cacing sutra. Bedanya, microworm memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 1 sampai 8 mm saja. Selain itu, microworm tidak berwarna merah melainkan putih.

Microworm menjadi salah satu makanan yang direkomendasikn untuk ikan guppy karena mengandung protein, gilicogen, lipid, asam organic, dan air. Harganya pun murah berkisar Rp 5.000 – an saja.

Pelet

Alternative makanan lain yang bisa kamu pilih adalah pelet. Ada banyak sekali pelet yang dijual di pasaran. Tapi, ada beberapa rekomendasi pelet yang bagus untuk ikan guppy. Pelet ini khusus untuk ikan guppy saja. Jadi, sebaiknya kamu tidak memberikan pakan ini untuk jenis ikan yang lain ya!

Beberapa merk pelet yang menjadi favorit pecinta ikan guppy adalah Ocean Free Super Guppy seharga Rp 23.000 untuk kemasan 22 gram, Hikari Fancy Guppy seharga Rp 28.000 untuk kemasan 22 gram, dan Tetra Guppy seharga Rp 28.000 untuk kemasan 30 gram.

Grindal Worm

Grindal worm memiliki ukuran yang lebih besar daripada microworm yaitu 0,8 cm hingga 1,5 cm. Grindal worm dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp 45.000.







Pasta Kuning Telur

Membuat makanan ikan guppy sendiri di rumah? Kenapa tidak! Salah satu pakan ikan yang bisa kamu buat di rumah adalah pasta kuning telur. Cara membuatnya sangat mudah. Rebus kuning telur lalu saring hingga menjadi pasta. Berikan pada ikan guppy sedikit demi sedikit agar air akuarium tidak mudah kotor.


Sayuran

Ternyata, ikan guppy juga menyukai sayuran lho! Ini bukanlah hal yang baru bagi ikan guppy. Di habitat aslinya, ikan guppy memakan tanaman-tanaman yang ada di sekitarnya. Beberapa sayuran yang bisa kamu berikan sebagai pakan ikan adalah mentimun, selada, zucchini, ubi jalar, dan wortel.



Ganggang

Ganggang adalah makanan favorit ikan guppy. Di habitat aslinya, ikan guppy sangat senang memakan ganggang. Jika kamu ingin memberikan ganggang, kamu bisa membelinya dengan harga Rp 5.000 saja.






Vinegar Eel

Terakhir, makanan ikan guppy terbaik adalah vinegar eel. Vinegar eel biasa disebut dengan belut cuka. Kenapa disebut dengan belut cuka? Karena media kulturnya menggunakan cairan cuka. Cairan cuka diklaim mampu membuat belut cuka bertahan hidup lebih lama.

Belut cuka lebih mirip dengan microworm. Akan tetapi media yang digunakan berbeda. Vinegar eel dijual bebas di marketplace dengan harga yang lumayan yaitu Rp 45.000.

Makanan Ikan Guppy Biar Cepat Besar

Agar ikan guppy cepat besar, kamu membutuhkan makanan yang mengandung banyak nutrisi terutama protein yang tinggi. Protein sangat dibutuhkan karena peranannya dalam pertumbuhan ikan. Maka dari itu, upayakan untuk memberikan pakan yang mengandung protein tinggi di dalamnya seperti kutu air dan microworm.

Tips Memberikan Makanan untuk Ikan Guppy

Sebaiknya, gunakan pelet sebagai makanan utama ikan guppy. Sedangkan untuk makanan hidup hanya berikan 1 sampai 2 kali seminggu saja. Karena makanan hidup beresiko membawa penyakit sehingga tidak baik untuk pertumbuhan ikan guppy.

Ikan guppy dewasa hanya membutuhkan 2 kali pemberian makanan, yaitu pagi dan sore hari. Sedangkan untuk anakan ikan guppy membutuhkan makan yang lebih banyak sekitar 5 kali sehari. Maka dari itu penting untuk memisahkan ikan guppy dewasa dan anaknya.

Nah, itu dia 11 daftar makanan ikan guppy terbaik yang bisa jadi referensi kamu. Pilih makanan sesuai dengan budget yang kamu punya. Selain itu, jangan lupa untuk pertimbangkan kandungan nutrisinya juga ya!

Sampai bertemu di kesempatan lainnya! Belajar budidaya menjadi lebih mudah bersama Kampus Budidaya!



No comments:

Post a Comment

Yuk sharing di sini!