19 Jenis Ikan Guppy untuk Pecinta Ikan Hias


Jenis Ikan Guppy - Hai kamu yang ada di sana apa kabar? Sudah siap kuliah online hari ini? hehe. Kali ini Kampus Budidaya akan memberikan informasi lengkap mengenai jenis-jenis ikan guppy. Sudah tahu belum jenis ikan guppy ada apa saja? Kalo kamu belum tahu, informasi ini cocok banget nih buat nambah wawasan kamu.

Sebelum membahas jenis ikan guppy lebih lanjut, yuk kita kenalan dulu dengan ikan hias yang imut dan menggemaskan ini!

Perlu kamu tahu, ikan guppy awalnya adalah ikan liar dan bukan merupakan ikan hias. Namun, karena ikan ini memiliki bentuk badan yang mungil dan memiliki beraneka macam warna, akhirnya ikan guppy dijadikan sebagai ikan hias.

jenis ikan guppy

Jenis Ikan Guppy

Saat ini, ada banyak sekali jenis ikan guppy. Setidaknya, ada 40 lebih ikan guppy hasil silangan atau hybrid dengan jenis ikan yang  lain. Maka dari itu, jangan heran kalau ikan guppy yang dijual di pasaran memiliki perbedaan warna bahkan bentuk tubuh yang berbeda pula.

Oke, lanjut aja kita bahas satu persatu jenis-jenis ikan guppy di bawah ini!

Guppy Black Moscow


Seperti namanya, guppy black Moscow memiliki warna hitam pekat di seluruh tubuhnya. Sebenarnya, tidak hanya guppy black Moscow saja yang memiliki warna hitam pekat. Guppy jenis full black Thailand juga memiliki warna hitam di seluruh bagian tubuhnya.



Guppy Blue Moscow

Guppy blue Moscow berasal dari Moscow, Rusia. Guppy jenis ini berbadan langsing dengan ekor yang lebar. Jenis ini didominasi dengan warna dasar merah muda dan warna ungu sehingga menghasilkan perpaduan warna yang mewah. Terlebih lagi jika kamu memberikan sentuhan cahaya yang terang, pantulan gradasi warnanya akan terlihat tampak indah.



Blue Moscow Albino


Sama seperti guppy blue Moscow, blue Moscow albino juga berasal dari Rusia. Secara bentuk tubuh dan warnanya tidak jauh berbeda. Tapi, untuk jenis albino ini pada bagian tubuhnya terdapat perpaduan warna putih dan merah muda, layaknya hewan-hewan albino lainnya.


Guppy Mozaic


Apa yang terlintas saat kamu mendengar kata mozaic? Campuran warna yang tidak memiliki pola? Sekilas, guppy mozaic tidak memiliki pola dan terlihat acak. Akan tetapi, kalau kamu mengamati setiap ikan guppy mozaic, kamu akan menemukan pola yang unik.

Pasalnya, guppy mozaic memiliki perpaduan warna yang pasti. Jika guppy jenis ini memiliki warna biru pada tubuhnya, dapat dipastikan ada warna kuning sebagai campurannya. Sedangkan jika terdapat warna biru tua, dapat dipastikan pula terdapat warna merah. Unik bukan?

Super Red Singapore


Sudah dapat dipastikan, ikan guppy jenis ini memiliki warna merah di seluruh tubuhnya. Ya, super red Singapore menarik perhatian banyak orang karena warna merah cerahnya. Ikan guppy seperti ini sangat cocok jika kamu letakkan di dalam akuarium dengan pencahayaan yang cukup dengan warna dasar pasir hitam. Buat kamu pecinta warna merah, wajib punya satu!

Guppy Japan Blue


Selanjutnya adalah guppy japan blue. Diperkirakan guppy japan blue ini berasal dari Jepang. Guppy jenis ini merupakan salah satu guppy import yang memiliki banyak peminat. Keunikan dari ikan hias ini adalah gradasi warnanya yang terletak di bagian ekor.




Full Black Thailand


Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa guppy jenis full black Thailand sangat mirip dengan guppy black Moscow. Lalu, apa yang membedakannya? Hanya satu. Full black Thailand berasal dari Thailand, sedangkan guppy black Moscow berasal dari Rusia.



Metal Lace Thailand


Berasal dari tempat yang sama seperti full black Thailand, metal lace Thailand memiliki ciri khas tersendiri yang sangat berbeda dengan jenis sebelumnya. Jika jenis sebelumnya memiliki satu warna saja yaitu hitam, metal lace memiliki warna yang cantik yaitu metal. Kemudian pada bagian ekornya terdapat corak garis berwarna hitam.


Guppy Koi


Seperti layaknya ikan koi, guppy koi memiliki corak berwarna merah pada bagian kepala dan ekornya saja. Sebenarnya ada banyak sekali ikan guppy koi, seperti platinum koi, tuxedo koi, snakeskin koi, albino koi, dan albino snakeskin koi.




Guppy Cobra


Ikan guppy cobra mempunyai corak yang mirip dengan ular kobra. Itulah mengapa ikan guppy ini dinamakan guppy cobra. Ciri paling menonjol dari guppy jenis ini adalah dari corak warnanya, yaitu hitam, putih, atau kuning.

Berbeda dengan ular cobra yang seringkali ditakuti, sebaliknya guppy cobra banyak diburu pecinta ikan hias. Tentu saja karena corak warnanya yang unik dan indah.


Metal Red King Kobra Halfmoon

Guppy yang satu ini hampir mirip dengan jenis guppy sebelumnya. Akan tetapi, metal red king cobra halfmoon hanya memiliki corak yang mencolok pada bagian ekornya saja. Sedangkan pada bagian tubuhnya lebih dominan warna putih sedikit keabuan.




Guppy AFR


Guppy AFR adalah singkatan dari Albino Full Red agar mudah diingat. Guppy AFR hampir sama dengan super red Singapore. Hanya saja, guppy AFR memiliki warna merah yang lebih dominan dan sedikit tua sehingga sangat mencolok saat diletakkan di akuarium.




Guppy Full Platinum


Jika kamu menyukai sesuatu yang elegan dan tidak terlalu suka dengan warna yang mencolok, sepertinya kamu harus melirik ikan guppy platinum yang satu ini. Jenis guppy yang satu ini sangat mempesona dengan warna platinum yang mewah. Selain itu, tidak hanya bagian ekornya saja yang panjang, akan tetapi pada bagian sirip sampingnya juga panjang, berbeda dengan jenis-jenis guppy yang lainnya.



Crown Tail


Seperti namanya – crown tail – guppy satu ini memiliki ekor seperti mahkota. Tidak seperti guppy lainnya yang mempunyai selaput pada ekornya, crown tail tidak memiliki selaput. Benar-benar seperti mahkota.







Guppy Green Red Dragon

Biasanya, ikan guppy green red dragon disebut dengan ekor delta. Sebab keunikan dari guppy jenis ini ada pada ekornya. Ekornya melebar ke samping seperti kipas. Fantastisnya, 3 ekor ikan guppy green red dragon dihargai satu juta rupiah. Wow!

Dari sekian banyak ikan guppy, guppy jenis ini paling banyak diminati dan menjadi primadona. Wajar saja jika harganya mencapai jutaan rupiah.

Guppy Metalik


Ada juga guppy yang mempunyai corak warna metalik seperti biru metalik atau abu-abu metalik. Ikan guppy seperti ini termasuk jenis guppy metalik. Namun, dari sekian jenis guppy metalik yang ada, yang paling mudah ditemukan adalah guppy metalik cobra.

Guppy metalik cobra merupakan guppy hasil persilangan antara guppy cobra dan guppy metalik. Persilangan ini menghasilkan guppy jenis baru dengan corak warna metalik pada bagian dadanya. Sedangkan bagian ekornya seperti corak cobra.

Redlace Snakeskin


Redlace snakeskin berbeda dengan jenis guppy yang lain. Guppy yang satu ini mempunyai corak batik pada bagian tubuhnya. Selain itu, bagian sirip dan ekornya panjang. Kalau kamu menyukai ikan hias yang terlihat cantik dan anggun, tidak ada salahnya untuk membeli guppy redlace snakeskin.



Guppy Grass Blue


Kemudian, ada juga guppy grass blue. Jika dilihat, guppy jenis ini mirip dengan guppy mozaic. Ya, guppy grass blue adalah ikan hasil perubahan dari guppy mozaic. Yang membedakan antara keduanya adalah guppy grass blue memiliki bintik berwarna biru gelap pada sirip dan ekor.


Guppy Red Blonde


Jenis terakhir yang kita bahas kali ini adalah guppy red blonde. Guppy red blonde mempunyai postur tubuh yang lebih kecil dibandingan dengan guppy yang lain. Kemudian pada bagian ekornya berwarna merah. Meskipun postur tubuhnya lebih kecil, ikan guppy yang satu ini tidak kalah cantik kok!



Ikan Guppy Termahal

Lalu, dari sekian macam ikan guppy yang ada, mana yang paling mahal? Jawabannya adalah relative. Kenapa? Tergantung keunikan dan keindahan corak yang ada pada sirip ikan guppy itu sendiri. Semakin unik dan indah coraknya, tentu saja harganya akan semakin mahal.

Harga Ikan Guppy

Saat ini banyak yang membudidayakan ikan guppy sebagai ikan hias. Banyaknya permintaan dari kalangan pecinta ikan hias, menuntut pembudidaya ikan guppy untuk menghasilkan ikan guppy yang cantik namun memiliki harga yang terjangkau.

Kabar baiknya, sekarang kamu bisa membeli ikan guppy dengan harga yang ramah di kantong. Untuk ikan guppy dengan corak sederhana, dibanderol Rp 1.500 saja per ekor. Sangat terjangkau bukan? Meskipun dengan corak yang sederhana, ikan guppy tetap terlihat cantik kok!

Kalau kamu, suka ikan guppy yang mana?

Demikianlah informasi yang bisa Kampus Budidaya bagikan untuk kamu. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

No comments:

Post a Comment

Yuk sharing di sini!